Minggu, 22 Desember 2013

BAHAYANYA MINUM MANIS

Fenomena dampak buruk minuman manis terhadap kesehtan, tanpaknya semakin nyata. Sebuah studi terbaru mengindikasikann bahwa minuman manis mungkin harus bertanggung jawab atas sekitar 200.000 kematian yang terjadi di setiap tahunnya di seluruh dunia.

Para peneliti menganalisa data dari penyakit global untuk menentukan hubungan kematian dengan konsumsi soda dan minuman manis lainnya. Mereka ( Para Peneliti ) mengaitkan minuman manis tersebut dengan 133.000 kematian akibat diabetes, 44.000 kematian akibat penyakit jantung dan 6.000 kematian akibat penyakit kanker. Sebanyak 78% dari kematian tersebut terjadi di Negara yang berpendapatan rendah hingga sedang, dan 22% terjadi di Negara - Negara kaya.

Meskipun belum ada pembuktian sebab akibat, ternyata minuman manis mempunyai kontribusi pada penambahan berat badan sehingga meningkatkan resiko penyakit degenerative seperti diabetes, penyakit jantung dan bahkan beberapa jenis kanker.

Negara - Negara di Amerika Latin dan Karibia, memiliki kematian akibat diabetes tertinggi yang berkaitan dengan minuman manis. Rusia Timur dan Tengah memilki jumlah kematian akibat penyakit jantung terbesar. Dan Mesiko yang merupakan Negara yang tingkat konsumsi minuman manis tertinggi di dunia memiliki tingkat kematian secara keseluruhan terbesar. Di Meksiko, ada 318 kematian persatu juta orang dewasa setiap tahunnya yang berkaitan dengan pengkonsumsian minuman manis,

Jepang yang merupakan Negara yang populasinya paling sedikit mengkonsumsi minuman manis, memiliki tingkat kematian terendah yaitu 10 kematian persatu juta orang dewasa.

Temuan temuan tersebut di atas saya ambil dari hasil pertemuan Epidemiologi dan Pencegahan / Nutrisi, Aktivitas dan Metabolisme yang diselenggarakan oleh American Heart Association. Dan yang menghadirkan temuan tersebut dan mengungkapkannya dalam pertemuan ini adalah Gitanjali Singh dari Harvard School Public Health di Boston.
Minuman manis yang sangat menggiurkan disaat kita sedang dilanda rasa haus, ternyata memang mengandung unsur yang merugikan kesehatan kita. Kita boleh kok mengkonsumsi minuman - minuman manis, tapi tidak mengkonsumsinya terlalu sering dan overload.

semoga semua ini dapat berguna buat kita semua.