Minggu, 22 Desember 2013

TIGA MINUMAN YANG TIDAK BOLEH DISAJIKAN PANAS

Pada umumnya di suasana cuaca yang cukup dingin, membuat minuman panas semakin terasa nikmat untuk diminum. Namun sesungguhnya, tidak semua minuman baik bila kita sajikan panas. Terutama bila kita juga ingin mengambil manfaat gizi dari minuman tersebut.
Menurut buku yang pernah say abaca, ada keterangan dari Dokter Samuel Oetoro, beliau adalah seorang dokter spesialis gizi klinik, penyajian panas, terutama penyeduhan dengan menggunakan air yang sangat panas bisa dan akan merusak zat gizi tertentu.
Dan untuk sekedar berbagi dan bukan bermaksud menggurui serta sebagai bahan pengetahuan buat kita semua, berikut adalah beberapa jenis minuman yang sebaiknya tidak disajikan panas.
1.  TEH HIJAU
Teh hijau itu mengandung EPIGALLOTECHIN GALLATE yang merupakan antioksidan Poten yang bisa rusak ketika diseduh dalam suhu yang tinggi. Sebaiknya menyeduh teh itu tidak dengan air yang mendidih, melainkan dengan air yang tidak lebih bersuhu 70 derajat celcius. Untuk dapat memperoleh antioksidan yang optimal dari teh, maka untuk satu cangkir memerlukan 3 gram teh. Sedangkan untuk penggunaan teh celup, maka janganlah mencelupkannya lebih dari tiga kali, hal ini untuk menghindari kontaminasi dari kantung teh tersebut.
Selain itu sebaiknya janganlah menyimpan teh hijau lebih dari 6 bulan agar kandungan antioksidannya tidak rusak. Dan untuk mendapatkan manfaat yang optimal dari mengkonsumsi teh hijau, sebaiknya kita mengkonsumsinya tiga sampai lima cangkir dalam sehari.
2.  JERUK
Jeruk adalah salah satu buah yang sarat akan kandungan Vitamin C. Dan bila kita tilik sifat dari pada vitamin C, diman vitamin C ini tidak tahan terhadap panas, maka sebaiknya kita tidak menyeduhnya dengan menggunakan air panas. Setidaknya bila kita menyajikan minuman jeruk itu dengan suhu ruang.
3.  SUSU
Susu itu mengandung protein tertentu yang bisa rusak kita kita seduh dengan air panas. Protein tertentu dalam susu akan mengalami denaturasi dalam suhu lebih dari 80 derajat celcius. Maka dari itu, bila kita akan menyajikan minuman susu, cukup kita seduh dengan menggunakan air hangat saja, agar kandungan proteinnya tidak rusak.

Demikianlah tiga jenis minuman yang akan rusak kandungan zat - zat bergunanya bagi tubuh kita bila kita sajikan dengan menggunakan air mendidih yang bersuhu panas. Semoga ini bisa bermanfaat  buat kita semua, terutama saya agar sajian minum yang kita konsumsi tersebut tidak hanya sekedar rasa pelepas dahaga dan mubazir kandungan zat yang ada di dalamnya yang sesungguhnya penting dan sangat berguna untuk tubuh kita. Minuman atau makanan sehat tidak akan lagi sehat bila kita salah dalam menyajikannya.